Minggu, 12 Desember 2010

Program PPC (Paid Per Click)

PPC adalah suatu metode atau program periklanan di dunia internet yang membayar pemilik blog/situs setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung terhadap link iklan yang terpasang pada blog/situsnya. Jadi dengan kata lain kita dibayar saat ada iklan diblog kita yang di klik oleh pengunjung.

Seperti program-program bisnis online yang lain, PPC juga melibatkan dua belah pihak. Yang pertama adalah publisher (penyedia ruang untuk iklan/penayang iklan), dan yang satunya lagi adalah advertiser (pemasang iklan). Berikut ini penjelasannya:

Publisher adalah pihak yang menerbitkan atau menayangkan iklan. 
Publisher menyediakan blog/situs untuk tempat memasang iklan. Iklan PPC ini diambil dari situs penyedia jasa PPC, dengan cara mengambil kode iklan (berupa script), kemudian dipasang di blog/situs yang ingin menjadi publisher. 
Apabila iklan di blog/situs tadi ada yang meng-klik, maka owner blog/situs itu dibayar oleh penyedia jasa PPC, yang perhitungannya berdasarkan jumlah klik. Besarnya bayaran perklik ini bervariasi tergantung penyedia jasa PPC, ada yang membayar sesuai dengan prosentase dan ada juga yang membayar dengan harga tetap.

Advertiser adalah pihak yang memasang iklan. Advertiser ini yang membayar penyedia jasa PPC atas iklan yang dipasangnya. Advertiser akan membayar jika ada iklannya yang di klik. Biaya iklan didasarkan atas per-klik yang besarnya bervariasi tergantung penawaran. Semakin besar harga penawaran per-klik, semakin besar peluang iklannya muncul. Tetapi ada juga harga per-klik yang tetap, misalnya Rp.500 per-klik.
Untuk memasang iklan di PPC, advertiser harus membayar terlebih dahulu, atau investasi terlebih dahulu dengan jumlah tertentu. Jumlah investasi ini akan berkurang jika iklan-nya ada yang meng-klik. Makin banyak klik maka investasinya pun semakin sedikit. Tapi sepadan dengan hasil yang didapat.

Dibawah ini adalah beberapa macam situs yang menyediakan jasa PPC yang saya ikuti, baik itu dari luar ataupun lokal:


1. KumpulBlogger
Tiap 1 kali unik klik text link bernilai : Rp.300
Tiap 1 kali unik klik mini banner  bernilai : Rp.350
Sampai saat ini saya sudah 2 kali dibayar oleh KumpulBlogger yang dapat dilihat pada screenshot dibawah ini.
Untuk mendaftar di KumpulBlogger silahkan klik DISINI


2. AdsenseCamp
Tiap klik yang dihasilkan pada iklan AdsenseCamp si website Anda, publisher akan mendapatkan Rp.300 pada iklan teks dan untuk setiap klik valid yang dihasilkan pada iklan gambar, publisher akan mendapatkan Rp. 400. Saya baru 1 kali dibayar oleh AdsenseCamp. Berikut bukti screenshotnya:
Untuk mendaftar AdsenseCamp silahkan klik DISINI


3. Bidvertiser
Bivertiser adalah salah satu dari banyaknya PPC luar negeri yang langsung meng-approve blog anda walaupun dengan bahasa Indonesia. Tidak seperti PPC lainnya yang mengharuskan blog berbahasa inggris atau dengan traffic yang sangat "wah". Minimal uang yang dimiliki untuk menarik pembayaran di akun Bidvertiser adalah $10 melalui Paypal. Untuk mendaftar Bidvertiser silahkan klik DISINI

6 komentar:

  1. wah mantap nih sob... bisa untuk menyemangatkan kita ngeblog, ok sob makasih infonya, dr dulu aku cari2 yg beginian tp baru dapat dimengerti sekarang, salam sukses..

    BalasHapus
  2. wah..mantaf neh...memacu kita neh..

    BalasHapus
  3. kalo untuk PPC yang point ke 2 itu jelek..alnya hanya di itung 1 IP aja/ klik.....


    udah itu PO nya lagi kadang dia lamban...alnya aku aja..ampe ngamuk...baru di kasih PO...wkwkwkkw

    kalo Kumpulblogger baru mantap..karena emank dia tiap minggu kirimkan walau cuma 20 rb

    BalasHapus
  4. @van: sama2 sob.. senang rasanya bila dapat membantu teman.. salam sukses :)

    @aolih: link sudah terpasang sob..

    @julicavero: tetap semangat gan..

    @indonesia siap bersaing di serp: yg penting kan dibayar sob.. hehehe :D

    @widnya: thanks.. ^_^

    BalasHapus